HARDWARE dan SOFTWARE

HARDWARE, SOFTWARE

KOMPUTER

Komputer adalah sistem elektronik yang memproses dan mengolah inputan data untuk menghasilkan informasi (output) dengan menggunakan suatu program yang bekerja secara otomatis serta disimpan dalam media penyimpanan. Dapat di artikan juga komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika , tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

 

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap).

 

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi”

Sejarah internet:

  1. Generasi komputer ke-1 (1944-1959)

 Image

– menggunakan tabung hampa udara(vacum-tube) sebagai komponen penguat sinyal

– pada tahun 1946 komputer elektronik di dunia yang pertama kali yakni UNIAC

– pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung tabung udara berbobot 30 tahun

  1. Generasi komputer ke-2 (1960-1964)

 Image

– menggunakan transistor sebagai penguat sinyal, sehingga komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih mudah

– pada tahun 1960-an, IBM memperkanalkan komputer

  1. Generasi komputer ke-3 (1964-1975)

 Image

 Komputer yang digunakan untuk otomatisasi, memiliki 4KB memory dan 8 bit untuk core memory. Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

  1. Generasi komputer ke-4

 Image

– pemadatan IC kedalam sebuah Chip

– tahun 1971, intel Crop kemudian mengembangkan microprocessor pertama seri 4004 contoh apple 1

5. Genarasi komputer ke-5

Image

pada generasi ke ini muncul LSI : pemadatan ribuan micropocessor kedalam sebuah micropocessor.Kelebihan dari generasi ini menghasilkan gambar menjadi lebih halus dan lebih tajam, disamping itu kecepatan proses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat

6. Komputer Generasi ke-6

Image

Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

7. Komputer Masa Depan

Image

Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

 

Sistem Komputer

Image

Sistem operasi dibagi menjadi 3 :

  1. Hardware,meliputi:

    – Perangkat Output

    – Perangkat Input

    – Media Penyimpanan

    – Proses

  1. Software, dibagi menjadi 2 :

    – Sistem Operasi,

    a. Noveil

    b. Windows

    c. Unix/Linux

    d. MAC/OS

    – Program Applikasi

    a. aplikasi Perkantoran

    b. Database

    c. Pemrogaman

    d. Desain Grafis

  2. Brainware

    – Manager EDP

    – Analis Sistem

    – Programmer

    – Operator

 

HARDWARE (PERANGKAT KERAS)

Image

 

Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan fisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara fisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan. Perangkat keras, merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan(input), perangkat pemroses(intermediate), maupun perangkat keluaran(output). Peralatan ini umumnya cukup canggih. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Hardware meliputi sebagai berikut:

 

  1. Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukkan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang bisa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya,perangkat input di bedakan menjadi dua,yaitu :

    – perangkat input langsung : yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh : keyboard, mouse, scanner.

    – perangkat input tidak langsung : yaitu Input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contoh : punched card, disket, harddisk.

  2. Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.

  3. Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah Prosesor pada sebuah komputer.

  4. Penyimpanan atau Storage: merupakan hardware yang digunakan untuk menyimpan data. Contoh : Storage external memory terdiri dari harddisk,floppy drive, CD ROM, magnetic tape. Storage internal memory tardiri dari RAM,ROM.

SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)

Image
Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan dari beberapa perintah yang di eksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menympan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalaninya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Secara umum perangkat lunak (software) dibedakan menjadi sebagai berikut:

  1. Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User. Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan dengan menggunakan sinyal analog atau sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan tekhnologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan kenggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengetahui sistem operasi itu sendiri.

    Sistem operasi dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program komputer secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi adalah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan pengguna komputer yang tidak perlu.

    Sistem operasi seperti :

    – noveil

    – windows

    – Unix/Linux

    – MAC/OS.

  2. Program Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Program aplikasi seperti :

    – aplikasi pemrogaman

    – database

    – pemrograman

    – desain grafis

BRAINWARE (PERANGKAT MANUSIA)

Image
Pengertian Brainware atau Perangkat Manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.

HUBUNGAN ANTARA HARDWARE, SOFTWARE dan BRAINWARE

 Image

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware di atas tentu memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Seperti pada gambar, bahwa ketiga elemen tersebut memiliki keterkaitan untuk menciptakan sebuah komputer yang berguna.

 

Hardware atau Perangkat Keras komputer apabila ada tanpa Software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena Software tercipta untuk mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan.

Apabila Hardware dan Software komputer telah tercipta, apabila tidak terdapat Brainware untuk mengoperasikannya, maka komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang tidak memiliki fungsi. Bisa dikatakan hanyalah sebuah Robot yang diam. Jadi, Brainware atau pengguna merupakan salah satu elemen penting untuk mengoperasikan komputer agar tercipta komputer yang memiliki fungsionalitas dan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.

 

 

Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan fisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara fisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan. Perangkat keras, merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan(input), perangkat pemroses(intermediate), maupun perangkat keluaran(output). Peralatan ini umumnya cukup canggih. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Hardware meliputi sebagai berikut:

Leave a comment